Wisata Alam Tanah Lot Bali

Tanah Lot Bali

  Pura Tanah Lot terletak berada di 30 Km di sisi barat Denpasar kota dan sekitar 11 Km di sebelah selatan kota Tabanan. Candi ini dibangun di atas batu dengan ukuran 3 hektar dan dapat dijangkau dalam beberapa menit dengan berjalan kaki, karena hanya 20 meter dari bibir pantai. Candi ini sangat terkenal di antara tujuan wisata di Bali dengan pemandangan yang spektakuler matahari terbenam. Di beberapa sudut dari terumbu karang di sekitar Pura Tanah Lot terdapat ular jinak yang dipercaya sebagai makhluk yang di keramatkan dan disucikan, ular yang berwarna hitam dan putih di mana menurut masyarakat setempat percaya bahwa sebagai properti dewa dan sebagai penjaga candi dari pengaruh buruk.

  Pura Tanah Lot merupakan ikon pariwisata pulau Bali. Selain itu salah satu obyek wisata terkenal di pulau Bali yang wajib dikunjungi. Karena saking terkenalnya tempat wisata di Bali ini, maka hampir setiap hari, objek wisata Tanah-Lot selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.

  Aktivitas wisatawan yang saat berada di kawasan Pura Tanah-Lot, sebagian besar jalan-jalan, foto-foto. Beberapa wisatawan ada yang duduk santai, sambil menikmati jagung rebus sambil menunggu pemandangan sunset.

Pura Tanah Lot Tabanan Bali

  Pura dibangun pada dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar, dan satunya lagi terletak di atas tebing yang menjorok ke laut mirip dengan Pura Uluwatu. Tebing inilah yang menghubungkan pura dengan daratan. Serta bentuk tebing melengkung seperti jembatan.

  Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali, ditujukan sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. Pada saat air laut pasang, pura akan kelihatan dikelilingi air laut. Di bawahnya terdapat goa kecil yang didalamnya ada beberapa ular laut.

Ular Suci

  Ular laut memiliki ciri-ciri, berekor pipih seperti ikan, berwarna hitam berbelang kuning. Menurut cerita, ular laut tersebut adalah jelmaan dari selendang perdiri pura.

Pendiri pura adalah seorang Brahmana dari Jawa yang mengembara ke Bali. Beliau bernama Dang Yang Nirartha. Konon ular suci Tanah Lot ditugaskan sebagai penjaga pura.

Daya Tarik Tempat Wisata Tanah Lot Bali

  Disepanjang jalan menuju tempat wisata Tanah Lot, banyak terdapat penginapan. Mulai dari penginapan sederhana, hingga villa dan hotel berbintang. Tempat wisata di Bali ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada sore hari, menjelang matahari terbenam.

  Dari tempat parkir menuju areal pura, terdapat banyak toko yang menjual berbagai barang kerajinan khas Bali. Misalnya patung, lukisan, kain pantai, pernak – pernik, dan aksesoris seperti di pasar seni Sukawati Bali. Harganya pun relatif murah untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu terdapat pedagang makanan dan minuman, serta penyewaan kamar kecil.

  Ada juga beberapa hotel yang dekat dengan pantai di sekitar tempat wisata Tanah Lot, yang mengelar berbagai acara di malam hari. Misalnya pertunjukan tari Kecak, sunset dinner, dan pesta pernikahan.

Daya tarik utama pura Tanah Lot Tabanan sebagai tempat wisata terletak pada.

  • Keunikan lokasi pura yang berada diatas batu karang yang besar. Pada saat air laut pasang, pura akan terlihat berada di tengah laut.
  • Keindahan pemandangan sunset dengan siluet pura. Jika anda saat liburan ke Bali dan suka melihat pemandangan sunset, Adapun tempat menarik yang lainnya

  Tempat wisata ini, juga sering menjadi salah satu lokasi foto pre wedding di Bali. Bagi wisatawan yang memilih pulau Bali sebagai lokasi foto prewedding.

Harga Tiket Masuk & Waktu Terbaik Berkunjung

  Untuk dapat memasuki kawasan tempat wisata Tanah Lot, setiap wisatawan diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Ada perbedaan antara harga tiket masuk wisatawan domestik dengan wisatawan asing. Selain membayar tiket masuk, anda juga harus membayar biaya parkir.

  Lalu berapa harga tiket masuk objek wisata pura Tanah Lot Kabupaten Tabanan Bali? Untuk mendapatkan jawaban lebih detail mengenai harga tiket masuk serta biaya parkir

  Karena daya tarik utama dari objek wisata ini terletak pada keindahan pemandangan sunset dengan siluet pura. Maka waktu terbaik berkunjung adalah pada pukul 17:00 Wita. Sebagian besar wisatawan akan menhabiskan waktu liburan di objek wisata ini rata-rata 45 menit.

  Mungkin anda akan bertanya, sunset di Pura Tanah Lot jam berapa? Karena waktu sunset selalu berubah setiap hari, maka untuk memudahkan anda mencari waktu sunset yang tepat.
Untuk Informasi lebih lanjut hubungi :
– Tlp
0813-2020-7157 
0878-2314-1214
0821-2170-4899
0877-2235-3011 

– Email
info@margatour.com

Alamat Lokasi

   Pura Tanah Lot yang terletak di sisi pantai pedesaan Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Tanah Lot yang terdiri dari dua kata, yang kata Tanah ditafsirkan sebagai karang tampak seperti gili atau pulau. Lot atau kata Lod memiliki makna laut. Jadi Tanah Lot yang berarti pulau kecil mengambang di laut. Lokasi yang sekarang disebut sebagai Tanah Lot telah digunakan pada periode Megalitik sebagai tempat suci, terbukti dari adanya menhir. Berdasarkan kondisi lingkungan, maka struktur Pura Tanah Lot dibangun di dataran karang teratur sudutnya yang hanya terdiri dari satu halaman polos sebagai Jeroan.

  Alamat pura Tanah Lot berada di Jalan Tanah-Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 13 km ke arah barat kota Tabanan. Dari bandara udara Ngurah Rai, menuju lokasi pura Tanah Lot dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 20 menit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *