Taman Narmada Lombok

  Taman Narmada merupakan salah satu taman terbesar di Nusa Tenggara Barat yang terletak sekitar 11 Km disebelah timur kota Mataram. Taman Narmada di bangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 masehi. Nama taman ini diambil dari sebuah sungai suci di india, yaitu sungai Narmanadi. Taman ini menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Konon, ketika Sang Raja sudah terlalu tua untuk melakukan ritual kurban ( pekelem ) ke puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter, beliau memerintahkan seluruh arsitek kerajaan untuk membawa nuansa Gunung Rinjani ke tengah pusat kota dan menjadikan taman Narmada sebagai miniatur Gunung Rinjani. Perayaan ini dilakukan pada bulan purnama kelima atau sering disebut juga sebagai tahun caka.

 

Konsep Taman

  Konsep taman yang ditata membentuk anak tangga yang biasa ada di gunung. Ada tiga kolam yang berada di bawah yang langsung dialiri oleh air yang berasal dari Gunung Rinjani. Taman Narmada juga mempunyai pura yang diberi nama Pura Kalasa yang terletak diatas taman ini. Untuk menuju ke pura, Anda harus menaiki anak tangga yang setapak. Memang cukup melelahkan untuk menaikinya, tapi jika sudah berada di pura tersebut semua rasa lelah itu terbayarkan dengan pemandangan yang indah, pemandangan pohon yang rindang dan kolam yang airnya jernih.

Kuliner

  Selain pemandangan alam dan keindahan pura yang di tawarkan Taman Narmada, kita juga bisa menikmati makanan khas Lombok yaitu Sate Bulayak. Sate Bulayak terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok didampangi bersama bulayak atau bisa kita sebut dengan lontong. Bumbu yang terbuat dari kacang tanah lalu direbus dengn santan dan bumbu dapur yang lain untuk penambah rasa membuat makanan ini mempunyai banyak rasa. Sate Bulayak ini paling enak dimakan bersama keluarga dan disaat sore hari sambil memandangi keindahan alam Taman Narmada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *