Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar di Bali. Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu karena Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali. Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana. Untuk dapat memasuki area Pura Besakih, anda harus menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura Besakih.

Pura Besakih Bali tidak hanya terdiri dari satu pura aja, melainkan ada 46 pura besar dan kecil yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Pura Panyungsungan Jagat (20 pura), Pura Kawitan (17 pura) dan Pura Dadya (9 pura). Dari 46 pura itu, Pura Penataran Agung yang termasuk dalam kategori Pura Panyungsungan Jagat adalah pura utama dan letaknya ada di bagian tertinggi dalam kompleks Pura Besakih.

Pura Penataran Agung termasuk unik karena mengandung unsur punden berundak yang merupakan gaya arsitektur buatan nenek moyang bangsa Indonesia dan belum ditemukan di tempat lain di luar Indonesia. Menurut para ahli, konsep punden berundak digunakan para nenek moyang sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yang dipercaya bersemayam di gunung-gunung.

Anda pun wajib menghormati hormat pada nenek moyang karena konsep tata ruang mereka begitu detil dan sempurna. Berdiri di Pura Penataran Agung Anda bukan hanya akan melihat indahnya Gunung Agung diterpa cahaya matahari pagi atau senja hari. Begitu membalikkan tubuh kamu juga bisa memandangi keelokan alam sekitar yang masih asri dan kaya pepohonan. Ke-46 pura dalam kompleks Pura Besakih tampak tertata rapi, kaya dengan aneka ornamen dan patung-patung dewa yang telah ada sejak ratusan tahun silam turut menambah kental suasana religius yang bisa kamu rasakan begitu menginjakkan kaki di pintu gerbang Pura Besakih.

Agar tidak mengganggu kesakralan pura, pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam Pura Besakih. Kamu juga wajib mengenakan kain panjang dan selendang sebelum masuk ke areal Pura Besakih. Dan bila anda cewek sebaiknya jangan pakai tank top, t-shirt ketat atau baju atasan mini lainnya demi menghormati adat masyarakat setempat.

Lokasi dan Akses Menuju Pura Besakih

Kompleks Pura Besakih terletak Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Dari Kota Denpasar tempat ini berjarak sekitar 90 kilometer dan dapat dicapai sekitar 2 jam perjalanan. Kami bisa melalui rute bypass Prof. Ida Bagus Mantra lurus ke arah timur. Kemudian di jalan menuju ke Pantai Lepang belok ke utara menuju Kota Semarapura atau bisa juga diakses melalui Klungkung. Dari sini sudah banyak terdapat papan penujuk arah lokasi yang akan memandumu menuju Pura Besakih.

Harga Tiket dan Jam Buka

  • Harga tiket: Rp 15.000 / orang
  • Parkir: Rp 2.000 (sepeda motor), Rp 3.000 (mobil)
  • Jam buka: Pura Besakih buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *